5 Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan

Mengeluarkan uang untuk membayar pajak memang terkesan kontradiksi dengan tujuan membangun perusahaan. Namun sebenarnya, ada sederet manfaat yang dapat diperoleh dengan taat membayar pajak.

Sampai dengan saat ini, pajak masih menjadi tumpuan utama penerimaan negara. Bahkan pemerintah semakin mempertajam fungsi pajak untuk menyokong negara dengan membuat perencanaan-perencanaan berupa kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN), perluasan basis PPN hingga meliputi sembako dan jasa pendidikan, penambahan jumlah Pemungut PPN atas pemanfaatan produk digital dari luar negeri di dalam negeri, kenaikan tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk Wajib Pajak Orang Pribadi menengah ke atas, pelaksanaan Tax Amnesty Jilid II, dan sebagainya. Kondisi negara yang dihantam pandemi merupakan salah satu alasan utama diluncurkannya serangkaian rencana tersebut.

Terlepas dari pro dan kontra atas rencana di atas, dan apapun realisasinya, warga negara yang baik dan perusahaan yang sudah hidup dan berkembang di negara ini tentunya harus mengikuti ketentuan perpajakan yang baru nanti. Karena tidak hanya Indonesia, negara-negara lain pun banyak yang tengah mereformasi ketentuan perpajakan, mula dari meningkatkan tarif hingga memperluas basis pengenaan pajak. Maklum saja, pandemi merupakan ancaman yang bersifat global.

Nah, supaya lebih bersemangat membayar pajak, kita ketahui dulu apa saja manfaat yang dapat diperoleh jika tertib membayar pajak atas usaha yang dijalankan. Ternyata ada banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan

Ini dia serangkaian keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan yang disiplin membayar pajak.

1. Menunjukkan Kredibilitas Usaha

Dengan membayar pajak sesuai ketentuan dan dilakukan secara tepat waktu, perusahaan Anda tidak akan dimasukkan dalam daftar hitam yang dibuat oleh otoritas pajak. Ini menjadi salah satu pertanda bahwa usaha yang Anda jalankan memang kredibel dan bisa dipercaya. Hal ini dapat menjadi catatan plus tersendiri bagi mitra transaksi, investor dan pihak-pihak berkepentingan lainnya.
Bagaimana jika usaha Anda masuk ke daftar hitam? Sudah barang tentu pihak eksternal perusahaan akan berpikir berkali-kali lipat untuk bermitra dengan Anda, apalagi mempercayakan modalnya.

2. Memperlihatkan Profesionalisme Bisnis

Pernahkah Anda melihat reklame iklan di jalan yang disegel oleh petugas pajak? Atau mungkin melihat salah satu kantor atau restoran yang disegel karena urusan pajak? Ini adalah akibat tidak membayar pajak sesuai ketentuan. Adanya penyegelan seperti ini tentu sangat mencoreng citra perusahaan yang bersangkutan.

Sebaliknya, perusahaan justru terlihat lebih profesional bila taat membayar pajak. Melaporkan dan menyetor PPN yang telah dipungut dengan tepat waktu, sehingga tidak ada masalah bagi pembeli yang berkepentingan untuk mengkreditkan PPN yang telah dibayar. Masyarakat tidak akan memiliki kekhawatiran bahwa PPN atau pajak daerah yang telah dipungut dari mereka akan digunakan untuk menambah kekayaan perusahaan. Dengan begitu, masyarakat akan merasa lebih aman untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang taat pada negara.

3. Menarik Kepercayaan Investor

Kepemilikan NPWP dan Surat Keterangan Fiskal seringkali menjadi salah satu syarat formal yang harus dipenuhi ketika perusahaan memerlukan suntikan modal besar dari investor kelas kakap. Nah untuk mendapatkan Surat Keterangan Fiskal ini tidak boleh ada pajak yang belum terselesaikan pembayarannya.

2 (dua) hal ini sangat wajar bila ditetapkan sebagai salah satu syarat yang dipenuhi debitur, karena bila perusahaan menunggak pajak, bagaimana investor yakin keuntungan perusahaan nantinya tidak habis dipakai untuk membayar pajak? Investor akan sulit mempercayakan dananya pada perusahaan yang menunggak pajak.

4. Memudahkan Mendapatkan Pinjaman

Jika mengajukan pinjaman ke bank atas nama suatu bisnis atau usaha, bank akan meminta NPWP dari bisnis atau usaha yang dijalani. NPWP dapat memberikan informasi pembayaran pajak dan penghasilan dari pemohon pinjaman. NPWP menjadi salah satu bank untuk mengenal calon peminjam. Oleh karena itu tanpa memiliki NPWP, bank akan sulit memberikan pinjaman dalam jumlah besar karena diartikan tidak membayar pajak. Pinjaman dengan jumlah yang besar ini tentu saja lebih berpotensi besar untuk mengembangkan usaha Anda, ketimbang pinjaman dengan plafon yang kecil.

5. Mengindikasikan Kesehatan Keuangan

Perusahaan yang keuangannya sehat pasti akan menghindari keterlambatan membayar pajak, apalagi menunggaknya. Karena denda dan bunga atas keterlambatan membayar pajak menguras keuntungan. Sehingga perusahaan yang membayar pajak dalam nominal yang sesuai dan tepat waktu secara tidak langsung mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut memiliki keuangan yang baik. Sebaliknya, perusahaan yang tidak membayar pajak menandakan bahwa kondisi keuangannya justru tidak sehat.

Harus diakui, tidak semua dari perusahaan punya waktu dan kemampuan untuk menghitung sendiri seluruh pajak yang harus dibayarkan. Jadi alih-alih ingin menghindari pajak, justru menjadi bingung dengan banyaknya jenis pajak dan perhitungan. Padahal jika terlambat membayar, akan ada konsekuensi hukum yang perlu ditanggung.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak yang tersedia namun terpercaya. Dengan demikian, Anda tetap bisa merasakan manfaat membayar pajak secara tepat waktu tanpa kerepotan terlebih dahulu.

Demikian pembahasan tentang Manfaat membayar pajak bagi perusahaan, bila ada yang ingin anda diskusi atau tanyakan, konsultasi dan diskusikan bersama, kami harap jangan ragu untuk menghubungi kami ya rekan, dengan klik link berikut ini:

Konsultasi Pajak

Silahkan hubungi konsultan kami, konsultasikan perpajakan anda bersama ahlinya..

Kami siap melayani anda sepenuh hati, jangan ragu. Silahkan hubungi tim konsultan berpengalaman kami.

Erfin Hadiwaluyono, SE., S.Sos., MA., BKP., CFP., CBC.
Managing DirectorManaging Director,

Konsultasi Free

    Konsultan Pajak Jakarta

      Open chat
      1
      Chat Konsultan
      Customer Service
      Hallo, Silahkan Konsultasi Pajak
      Bersama Konsultan Kami. "Free".